Tips Sukses Melamar Pekerjaan Meski Minim Pengalaman
Tips Sukses Melamar Pekerjaan Meski Minim Pengalaman

Tipshidupsukses.web.id – Sebelum masuk kedalam dunia pekerjaan tentunya anda harus mempersiapkan diri untuk melamar pekerjaan terlebih dahulu, terdapat banyak faktor faktor penting yang dapat membantu anda ketika anda sedang mencari atau melamar pekerjaan. Dan juga tentunya semua orang yang baru meninggalkan bangku pendidikan dan mulai memasuki dunia kerja pastinya akan menghadapi satu masalah yang sama, yaitu kenyataan mengenai betapa sulitnya mendapatkan pekerjaan tanpa pernah memiliki pengalaman kerja sama sekali.

Kendati hal ini cukup memusingkan para lulusan baru, tapi bukan berarti kamu yang belum memiliki pengalaman kerja mustahil untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Asalkan mengetahui kunci rahasianya, mendapatkan pekerjaan impian tanpa pengalaman kerja bukan hal yang mustahil kok. Berikut beberapa tips melamar pekerjaan meski minim pengalaman yang dapat anda terapkan :

1. Manfaatkan relasi
Strategi lain untuk mendapatkan pekerjaan walaupun kamu belum memiliki pengalaman adalah dengan meminta rekomendasi dari teman ataupun kenalan. Untuk itu, kamu perlu membangun jaringan pertemanan seluas mungkin. Selain itu, pastikan kamu siap dengan suasana kerja yang penuh dengan tekanan dan memiliki kemauan untuk belajar.

2. Memiliki cerita yang bagus untuk disampaikan
Pastikan kamu memiliki kisah yang memikat yang membuat perekrut yakin bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Misalnya keterampilan spesifik, pengalaman yang berkaitan, latar belakang pendidikan, dan prestasi.

3. Fokus pada keterampilan
Jika kamu mampu menjelaskan keterampilan yang kamu miliki dan bagaimana keterampilan tersebut nantinya akan sangat membantu kelangsungan perusahaan. Dijamin hal tersebut sudah mampu membuat perekrut jatuh hati padamu.

4. Lamar pada posisi entry level
Walaupun kita semua ingin memiliki karier yang cemerlang, tetapi penting untuk selalu menggunakan logika. Sebagai fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali, disarankan kamu melamar pada posisi entry level di mana kamu dapat menunjukkan kemampuan sesuai kualifikasi sekaligus belajar dari sana. Jangan lupa juga ekspresikan antusiasme, semangat, kemauan untuk belajar, dan tekad yang kuat.

Baca Juga : Tips Menjadi Penulis Sukses Ala Stephen King

5. Bekali diri dengan ilmu
Rajin-rajinlah mengikuti kursus, workshop, seminar, hingga berburu sertifikasi. Ini tidak hanya akan membantu kemu mendapatkan ilmu, tetapi juga menunjukkan dedikasi dan komitmenmu untuk pekerjaan tersebut. Ditambah, kegiatan tersebut merupakan cara yang bagus untuk memulai dan memperluas jaringan.

6. Perbaiki CVmu
Pastikan CV yang kamu buat fokus pada bakat dan keterampilan. Jangan membuat CV yang berkutat di masa lalu, tetapi fokus ke depan dan tunjukkan hal hebat yang akan kamu kontribusikan untuk masa depan perusahaan yang kamu lamar.

Buat kamu yang baru mau lulus atau saat ini masih berstatus job seeker, segera siapkan keenam hal di atas agar lekas mendapatkan pekerjaan ya.