Tips Menjadi Penulis Sukses Ala Stephen King
Tips Menjadi Penulis Sukses Ala Stephen King

Tipshidupsukses.web.id – Pria bernama panjang Stephen Edwin King yang kini berumur 70 tahun ini telah merilis lebih dari 50 novel semasa hidupnya. Tidak hanya itu, bukunya laris terjual hingga lebih dari 350 juta salinan selama bertahun-tahun. Bahkan novelnya telah diadaptasi dalam berbagai film, mini seri, seri televisi, buku komik, dan masih banyak lagi.

Di balik kesuksesan seorang Stephen King yang namanya kini tidak mungkin tidak dikenal orang ternyata berawal dari kesulitan luar biasa. Ia pernah tinggal di dalam trailer bersama istrinya yang juga seorang penulis. Namun, kegigihannya tidak membuatnya menyerah dengan menanamkan beberapa hal berikut sebagai kunci utama, yuk simak beberapa tips menjadi penulis sukses ala stephen king yang harus kamu ketahui :

1. Menulislah untuk dirimu sendiri
Jangan menulis untuk menyenangkan orang lain, karena hal ini tidak akan bertahan lama. Namun, tulislah untuk diri kamu sendiri yang berarti tanpa adanya beban dengan perasaan senang. Bila kamu mampu menulis untuk diri sendiri maka dijamin kamu akan dapat melakukannya dalam waktu lama.

2. Kuatkan mental dan persiapkan diri terhadap kritik maupun saran
Bila kamu tidak bisa menahan diri atau menerima saran dari orang lain termasuk tim editor, maka jadilah optimis. Tidak perlu merasa berkecil hati bila tulisan kamu belum memenuhi beberapa persyaratan melainkan lebih pada ketahuilah apa yang harus diperbaiki. Hal ini menjadi kunci dari kesuksesan semua penulis, karena kadang kita tidak tahu apa yang orang lain tahu.

3. Perbanyaklah membaca jangan menonton TV atau film!
Ternyata terlalu banyak menonton film atau televisi membuat kreativitas kamu semakin terbatas. Hal ini membuat imajinasi kamu terhambat untuk menulis dan berujung tidak melakukan apapun. Seperti dilansir dalam Independent, Stephen mengatakan bahwa jika kamu ingin menjadi seorang menulis maka baca dan tulislah yang banyak!

Baca Juga : Tips Sukses Bisnis Event Organizer

4. Jangan bermain di zona nyamanmu!
Ketakutan untuk gagal adalah salah satu hal yang menghalangi seseorang dalam mengeluarkan suatu karya. Namun, sebenarnya kamu harus keluar dari lingkaran zona nyamanmu, buatlah dirimu merasa apa adanya. Pertama, Stephen dalam Independent menyatakan untuk membuat suatu yang kamu suka, tidak peduli seberapa membosankan atau anehnya sebagai langkah awal.

5. Lepaskan dirimu dari dunia ketika sedang menulis!
Jangan biarkan dirimu terganggu oleh suara orang atau apapun gangguan lainnya dari luar diri kamu termasuk ponsel. Ketika menulis ada baiknya untuk memberi tempat sendiri sehingga dapat secara bebas mengekspresikan apapun yang ingin disampaikan.

Bila kamu merasa tenang dan fokus maka akan lebih mudah untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan.