Tips Sukses Diterima Perusahaan Saham Bagi Fresh Graduates
Tips Sukses Diterima Perusahaan Saham Bagi Fresh Graduates

Tipshidupsukses.web.id – Fresh Graduates merupakan sebutan bagi para pelajar atau mahasiwa/i yang baru saja menamatkan jengjang pendidikannya, pada saat para fresh graduates tentunya mereka akan mencari pekerjaan  yang sesuai dengan jurusan dan kemampuan mereka. Terdapat banyak sekali jenis pekerjaan dan juga berbagai macam kantor yang dapat didatangi para fresh graduate untuk mencari  pekerjaan dan salah satunya bisa jadi perusahaan saham. Apakah berkarier di perusahaan saham pernah mampir di bayanganmu? Jika belum, tidak ada salahnya kamu mencobanya. Apalagi jika kamu adalah seorang fresh graduates. Di luar gaji yang katanya besar, hal-hal baru serta tantangannya bakal membuatmu berkembang. Yuk simak tips sukses diterima perusahaan saham bagi fresh graduates ini.

1. Untuk tahu lowongannya, kamu bisa update terus event bursa kerja atau mengikuti sosial media perusahaan saham tertentu
Beberapa perusahaan saham kerap kali mengikuti ajang bursa kerja yang cukup besar. Di sinilah, kamu bisa mencari informasi sekaligus melamar langsung. Kadang, proses rekrutmen lewat bursa kerja ini juga disertai walk in interview. Jadi, persiapkan dirimu sebaik mungkin.

Selain update informasi bursa kerja lewat portal-portal yang ada, kamu juga bisa cek langsung ke sosial media perusahaan yang dimaksud. Misalnya, Instagram dan Official Account Line. “Cara rekrutmen sekarang dengan digital. Pasang vacancy di portal, IG, dan Line,” ungkap Sagita Kuntadi, HR PT Valbury Futures.

2. Jangan takut mencoba hal baru walaupun itu tidak sesuai latar belakang pendidikanmu. Kamu gak akan pernah tahu bagaimana peruntunganmu
“Aduh, aku gak bisa! Aduh, beda dari bidangku!” ujar Sagita menggambarkan hal-hal yang sering jadi penghalang seseorang berkarier di perusahaan asuransi. Padahal, hal tersebut bisa menghambat seseorang untuk maju dan berkembang. “Kita gak pernah tahu bagaimana peruntungan seseorang di dunia kerja itu bagaimana,” tambah dia.

Terutama fresh graduates, begitu lulus dari kuliah, mereka belum punya pengalaman. Sementara dunia kerja dengan teori selama perkuliahan, sudah pasti berbeda. Jadi, berani menjajal profesi di perusahaan asuransi layak dicoba. Kelak, pasti ada beberapa kasus yang bisa dicari pemecahannya dengan teori-teori umum yang pernah dipelajari selama kuliah.

3. Jika diterima, biasanya kamu akan dibekali training dengan masa tertentu. Ikutilah dengan sungguh-sungguh
Berbeda perusahaan asuransi, kadang berbeda pula masa training yang harus ditempuh. Berapa pun lamanya, pastikan kamu mengikuti dengan sungguh-sungguh. Setelah masa tersebut, ada tes lanjutan yang bakal menentukan kelanjutanmu atau kamu harus berhenti.

“Setelah training, kita ada ujian online. Lulus tidak lulus, kelihatan. Setelah lulus tes online, ada presentasi tentang apa yang selama ini dipelajari. Dari sini, terlihat apakah kandidat sungguh-sungguh atau tidak niat,” paparnya lagi.

Baca Juga : Panduan Tips Sukses Menjadi Seorang Beauty Vlogger

4. Jangan lupa untuk selalu giat dan rajin menghadapi setiap tantangannya. Sebab, hal ini selalu menjadi kunci kesuksesan setiap profesi
“Menurut saya, di mana pun bidang pekerjaan itu satu. Harus giat, harus rajin,” tutur Sagita. Ia memandang orang yang ulet dan giat akan sukses karena akan selalu mencoba dan menemukan cara agar berhasil. Jika ada kesulitan, tidak sungkan bertanya atau mencari sumber-sumber informasi dan mempraktikkannya.

5. Tidak pernah berhenti belajar dari pengalaman. Meskipun pernah gagal, bukan berarti kita tidak bisa mencoba lagi
Penolakan dan kegagalan memang pahit. Namun, bukan berarti ini jadi penghalang kesuksesan dan membuatmu tidak mau menjalani kariermu lagi. Di PT Valbury Futures misalnya, memberikan kesempatan kedua untuk mereka yang tidak lolos tes online. “Untuk ujian online, kita kasih dua kali kesempatan. Kalau tidak lulus juga, berarti memang belum berkesempatan bergabung,” kata Sagita.