Tips-Sampingan-Kerja-di-Masa-Pandemi-Corona
Tips Sampingan Kerja di Masa Pandemi Corona

tipshidupsukses – Adanya pandemi virus corona atau Covid-19 ini, tak sedikit pekerja yang terkena dampaknya. Bukan hanya gaji dipotong hingga setengah saja, tapi ada juga pekerja yang terpaksa dirumahkan atau terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh perusahaannya. Ini tentunya membuat mereka tak lagi memiliki penghasilan.

Di situasi seperti ini, mencari dan mendapatkan pekerjaan baru berpeluang sangat kecil. Sebab, banyak perusahaan yang mengalami penurunan omzet, sehingga perusahaan menghentikan perekrutan karyawan baru untuk sementara waktu hingga pandemi Covid-19 usai.

Akan tetapi, dengan kerja sampingan seperti menjadi freelancer atau menekuni bisnis kecil-kecilan merupakan solusi yang sangat tepat. Dengan begitu, Anda akan tetap memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama pandemi Covid-19. Bahkan, tak sedikit dari bisnis yang tadinya kecil bisa memberikan cuan yang sangat besar.

Lalu bagaimana caranya biar kerja sampingan di tengan pandemi Covid-19 ini tetap cuan alias untung? Simak beberapa tipsnya berikut

1. Pilih Kerja Sampingan Sesuai Passion

Banyak kerja sampingan yang bisa dijalankan untuk mendapatkan penghasilan. Namun, janganlah sembarangan dalam memilih kerja sampingan karena hasilnya nanti tidak akan maksimal. Untuk itu, agar hasilnya bisa memuaskan, pilihlah kerja sampingan yang benar-benar sesuai dengan passion alias di bidang yang Anda sukai.

Misalnya saja, suka menulis jadilah penulis lepas, bagi yang suka dibidang seni tak ada salahnya menjual lukisan atau menerima jasa desain. Selain itu, bagi yang suka masak bisa mencoba jual makanan dan lainnya.

2. Dapatkan Lowker Freelancer di Situs Terpercaya

Bagi yang ingin mencoba sebagai freelancer, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan di situs-situs karir terpercaya. Mulai dari Freelacer Indonesia, Sribulancer, Projects, Upwork, Problogger, LinkedIn dan sebagainya.

3. Pilih Bisnis Sesuai Bujet

Jika passion Anda adalah di bidang bisnis, jangan ragu untuk memulainya. Jalankan bisnis yang Anda sukai, apakah suka di kuliner, pakaian, aksesoris dan lainnya. Pilihlah bisnis yang bisa dijalankan dengan bujet minim atau bahkan tanpa modal sekalipun seperti menjadi dropshipper.

Gunakan tabungan atau aset yang ada sebagai modal usaha. Jika Anda tak punya modal, tak perlu bersedih, coba pinjam uang ke anggota keluarga, atau mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan. Jangan lupa, pilih pinjaman berbunga rendah.

4. Asah Keahlian dan Berani Inovasi

Jangan mudah berpuas diri jika sudah mendapatkan penghasilan. Sebaiknya asah terus keahlian yang Anda miliki agar hasil kerja sampingan yang dijalankan bisa mengalami peningkatan. Selain itu, jangan ragu untuk melakukan inovasi. Dengan begitu, produk dari kerja sampingan akan lebih menarik dan tentunya berbeda dengan yang lainnya, sehingga akan banyak pelanggan yang menyukainya.

5. Maksimalkan Sosial Media untuk Promosi

Agar kerja sampingan bisa dikenal banyak orang, jangan malu untuk unggah hasil kerja Anda, baik itu hasil tulisan, hasil desain, hasil produk dan lainnya. Ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu promosi yang Anda lakukan.

Maksimalkan penggunaan sosial media seperti Facebook dan Instagram dengan memanfaatkan masing-masing fitur yang tersedia agar promosi bisa berhasil menarik perhatian banyak orang. Dengan begitu, orang akan memakai jasa atau membeli produk bisnis Anda.

Baca Juga : Pengusaha Muda Sukses Dimasa Pandemi

Jenis Kerja Sampingan di Pandemi Corona

1. Berbagai Macam Kuliner
Apabila jago masak dan hasil masakannya lezat, yuk coba menjual berbagai macam kuliner. Misalnya saja, dimsum, risol, pisang nugget, brownis, cookies dan masih banyak lainnya. Anda bisa berjualan lewat Instagram, Facebook, Go-Food atau Grab Food.

2. Menjual Masker Kain
Mengingat sekarang ini masker kain sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia sebagai pencegahan diri dari virus corona, maka Anda bisa mencoba memproduksi masker kain ini dengan bahan katun, scuba dan lainnya. Selain masker polos, Anda juga bisa menyediakan masker dengan berbagai macam warna, gambar agar menarik perhatian.

3. Menjual Kerajinan Tangan
Hasil kerajinan tangan juga bisa menghasilkan keuangan yang lumayan. Kerajinan tangan ini bisa berasal dari bahan-bahan baru atau juga barang bekas seperti dari koran, rotan dan sebagainya. Hasil dari kerajinan tangan bisa berupa, dompen dari bahan perca, keranjang buah dari koran atau rotan, bros, jepitan rambut, dan masih banyak lainnya.

4. Jual Parcel Sembako
Anda juga bisa mencoba jual parcel yang berisikan sembako mulai dari beras, gula, kopi, mie instan, minyak goreng, ikan sarden kaleng, dan lainnya. Untuk mendapatkan harga sembako yang murah, carilah agen yang menawarkan harga murah juga. Namun, tidak juga melupakan kualitas yang terbaik.

5. Penulis / Content Writer
Pekerjaan sampingan sebagai penulis atau content writer ini tak hanya bisa didapatkan di situs-situs lowongan terpercaya, tapi Anda juga bisa menemukannya di blog-blog atau website yang sudah ternama dan terpercaya, seperti, jalantikus.com, indozone.id dan lainnya

6. Jasa Desain Grafis
Jika kesulitan dalam mendapatkan lowongan kerja sebagai desain grafis, jangan berkecil hati. Sebab, Anda bisa memulainya sendiri dengan membuat akun khusus bisnis jasa desain. Jasa desain itu bisa untuk desain logo, desain brosur, desain kaos dan masih banyak lainnya. Jangan menunda waktu untuk memposting hasil desain yang sudah dibuat sebelumnya sebagai portofolio.

7. Guru Les Online
Tak semua orangtua paham dengan pelajaran tertentu seperti Matematika, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika dan lainnya. Untuk itu, menjadi guru les online bisa dilakukan. Anda bisa mengandalkan video call lewat WhatsApp, Zoom, Meet dan lainnya.

Manfaatkan Waktu Jadi Lebih Produktif
Jangan hanya karena di rumah saja, Anda jadi males. Lebih baik manfaatkan waktu dengan lebih produktif yang bisa menghasilkan uang, yaitu kerja sampingan dengan jadi freelancer atau bisnis. Siapa tahu, dari usaha kecil yang dilakukan sekarang, suatu hari nanti bisa berkembang dan meraup omzet besar.

Jangan lupa, penting juga untuk selalu mengatur penghasilan dari kerja sampingan yang dijalankan dengan baik dan benar. Dengan begitu, Anda akan tetap bekerja menghasilkan uang dan keuangan akan aman.