Tips Menjadi Sukses Memasuki Dunia Kerja

Tips Menjadi Sukses Memasuki Dunia Kerja

Sukses di dunia kerja – Akhirnya saya mendapatkan pekerjaan! Tentu perasaan senang dan bangga timbul dari dalam diri kita setelah dinyatakan diterima di sebuah perusahaan. Namun terkadang mendapatkan pekerjaan baru juga menimbulkan kecemasan tersendiri, lebih-lebih bagi para fresh graduates yang baru pertama kali memasuki dunia kerja. Apakah saya mampu melakukan tugas dan tanggung jawab saya? Apakah Bos saya akan menyukai hasil kerja saya? Apakah saya dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja? Pertanyaan-pertanyaan yang muncul di benak seperti itu adalah hal yang wajar. Perasaan cemas tersebut dialami oleh hampir semua orang saat memasuki dunia kerja. Lalu, sebagai newbie, apa yang bisa dilakukan saat memasuki dunia kerja?

Berikut beberapa tipsnya:

1. Meninggalkan mental “Anak Kampus”

Dunia kerja sangatlah berbeda dengan masa kuliah dulu. Saat memasuki dunia kerja, kita harus memiliki mental yang kuat karena kita akan dituntut untuk lebih mandiri memiliki daya juang yang tinggi dalam menghadapi kendala atau hambatan yang muncul. Sebagai karyawan, kita juga dituntut untuk bersikap dewasa dalam merespon masalah. Tunjukkanlah rasa tanggung jawab, kredibilitas dan loyalitas terhadap pekerjaan Anda.

2. Berpenampilan profesional

Tinggalkan celana jeans, kaos dan sepatu kets jaman Anda pada jaman kuliah dulu! Kenakanlah pakaian yang formal dan memberikan kesan profesional, apalagi jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk berelasi dengan klien. Gunakan sepatu pantofel, kemeja, celana panjang kain, rok, blazer atau jas sebagai pelengkap. Perhatikan juga kerapihan rambut dan bagi wanita, menggunakan make up dan perhiasan yang sewajarnya juga dapat melengkapi penampilan profesional Anda. Namun jangan menimbulkan kesan berlebihan karena penampilan juga menjadi salah satu personal branding Anda.

3. Memiliki attitude yang baik

Seringkali kita mengabaikan attitude karena berpikir bahwa saya bisa mendapatkan pekerjaan ini karena saya pintar dan mampu. Padahal perilaku merupakan cerminan kualitas pribadi seseorang sehingga menjadi hal yang penting dan patut Anda jaga, terutama bagi Anda, generasi milenial melek teknologi dan social media. Hindari menumpahkan kekesalan Anda di social media ketika ada kesulitan atau hal tidak menyenangkan yang terjadi di tempat kerja. Jangan pula terlarut dengan handphone pada jam kerja, misalnya mengupdate status atau memposting foto di social media dan lainnya. Bersikaplah sewajarnya, Anda harus mampu membedakan kapan waktu bekerja dan kapan waktu untuk bersantai. Anda dapat menggunakan waktu istirahat Anda untuk menjelajahi social media atau ketika pekerjaan Anda benar-benar sudah selesai. Attitude merupakan salah satu kriteria penilaian dari Bos Anda loh!

4.Perluas jaringan dan menjaga hubungan

Sebagai karyawan baru, tentu kita belum mengenal siapapun. Mulailah berkenalan dengan rekan kerja satu tim. Dari mereka lah, Anda bisa mendapatkan informasi terkait alur pekerjaan, suasana dan budaya kerja atau kendala yang sering dihadapi. Kemudian, lanjutkan berkenalan dengan karyawan lain di departemen yang terkait dengan pekerjaan Anda, misalnya pekerjaan Anda berhubungan dengan bagian Finance dan Marketing. Tentu Anda harus mengenal mereka karena Anda akan sering bekerja sama dengan mereka. Bersikaplah ramah, berikan senyum dan sapa mereka saat berjumpa. Anda juga dapat meluangkan waktu untuk sekadar mengobrol pada jam makan siang. Dengan menjalin relasi yang baik, Anda dapat lebih cepat beradaptasi serta merasa betah di lingkungan kerja Anda.

5.Terus belajar

Dalam bekerja, seringkali kita menemui berbagai tantangan. Anda harus terus belajar menyelesaikan masalah yang Anda hadapi. Belajar lah untuk mengambil keputusan atau menentukan langkah yang tepat. Ketika Anda melakukan kesalahan, lakukan evaluasi dan intropeksi diri agar tidak terjadi kesalahan yang sama di kemudian hari. Selain itu, Anda juga perlu memperluas wawasan serta pola pikir, karena tidak semua ilmu yang didapatkan saat kuliah dapat diaplikasikan ketika bekerja. Anda bisa bertanya dengan rekan kerja atau atasan Anda yang lebih berpengalaman atau memanfaatkan teknologi untuk mencari tahu ragam informasi, mislanya dengan googling. Jangan lupa untuk selalu mengupdate info terkait pekerjaan Anda agar kemampuan Anda semakin terasah. Karena itu mari belajar dan terus mengembangkan diri Anda

3,780 comments