Tips Jadi Programmer Berujung Sukses
Tips Jadi Programmer Berujung Sukses

tipshidupsukses.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai tips menjadi programmer yang bisa membawa kita ke depan kesuksesan. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai tips jadi programmer sukses

1. Bulatkan Tekad Ingin Menjadi Programmer
Saya rasa jika ingin memulai sesuatu hal, tekad yang bulat adalah paling pertama. Tanyakan lagi ke diri kita apakah akan serius ingin menggeluti dunia programming atau hanya ikut-ikutan arus (tren) saat ini saja.Apalagi 5 tahun belakangan profesi ini gajinya sangat menggiurkan. Sehingga banyak orang-orang ingin beralih profesi menjadi programmer. Namun ketika sudah mulai belajar untuk menekuni dunia programming ternyata tidak semudah yang dibayangkan.Sekali lagi coba tanyakan kepada diri kita apakah serius ingin menjadi programmer dan sudah siapkah menerima segala resiko yang akan dialami ketika menjadi programmer nanti.

2. Mengerti dan Paham Istilah-istilah Dunia Programming
Langkah selanjutnya setelah kamu benar-benar sudah berniat untuk masuk ke dunia programming adalah mempelajari istilah-istilah programming.
Beberapa istilah programming yang sering digunakan yaitu :
Variabel
Tipe data
Debugging
Maintenance
Flowchart dan Algoritma
User Interface
User Experience
dan banyak lagi yang lainnya

3. Pilih Salah Satu Bahasa Pemrograman
Istilah-istilah programming biasanya akan mudah dipahami saat kita sudah mulai belajar menulis kode-kode dasar program. Sebelum mulai menulis kode-kode program kita harus memilih dulu bahasa pemrograman apa yang akan digunakan.Macam-macam bahasa pemrograman banyak sekali.Dari sekian banyak bahasa pemrograman pilih satu saja. Jika satu bahasa pemrograman sudah dikuasai baru pelajari bahasa yang lainnya. Pemilihan bahasa pemrograman ini bisa disesuaikan dengan fokus yang ingin kamu ambil.Contohnya jika ingin menjadi programmer yang mengembangkan aplikasi web saja maka bahasa pemrograman yang dipilih adalah PHP.Namun bila ingin menjadi programmer yang fokus mengembangkan aplikasi android saja maka kita bisa memilih bahasa pemrograman Java, setelah java mahir baru Kotlin.

Baca Juga : Trik Sukses Hidup Mapan Saat Umur Mencapai 30 Tahun

4. Saatnya Coding
Jika sudah memilih salah satu bahasa pemrograman dan ingin fokus menjadi programmer web, mobile, atau desktop maka langkah selanjutnya adalah mempelajari bahasa pemrograman tersebut dari dasar.Ada beberapa metode belajar yang bisa kamu terapkan :
Otodidak (belajar sendiri) melalui buku cetak, ebook (buku digital), video tutorial, dan kursus online dari situs-situs tertentu
Mengikuti kursus offline
Mengikuti Bootcamp
Tentu saja metode belajar di atas memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal disesuaikan mana yang cocok dengan kita.

5. Membuat Program Aplikasi Sederhana
Dasar-dasar pemrograman yang sudah dipelajari bahkan dikuasai tidak berarti apa-apa jika kita tidak mempraktikannya dengan cara membuat program-program sederhana.Saat belajar pemrograman android menggunakan Android Studio kita bisa membuat beberapa aplikasi sederhana diantaranya :
Membuat aplikasi kalkulator
Membuat aplikasi konversi suhu
Membuat aplikasi konversi uang
Membuat aplikasi wallpaper
Membuat aplikasi pemesanan makanan
dan aplikasi sederhana lainnya
Hal tersebut dilakukan supaya kita terbiasa dan paham alur pembuatan aplikasi. Sehingga ketika ingin membuat aplikasi besar (kompleks) sudah tidak pusing lagi

6. Gabung Forum atau Grup Pemrograman
Belajar apapun tidak akan lurus-lurus aja ya pastinya. Begitu juga saat belajar pemrograman, kode-kode yang kita tulis untuk mengembangkan aplikasi akan sangat banyak bisa ratusan, ribuan, bahkan jutaan kode. Tergantung seberapa banyak fitur dan kompleksnya suatu aplikasi.Nah saat mengalami masalah (error) dan sudah mentok tidak bisa mengatasinya sendiri, solusinya adalah membaca dokumentasi dari situs resminya. Saya sendiri sering baca-baca stackoverflow (website tanya jawab untuk permasalahan programming).Selain tanya jawab pada situs Stackoverflow kita juga bisa tanya jawab pada grup-grup pemrograman yang ada di Facebook, Whatsapp, dan Telegram. Makanya saya sarankan gabunglah ke grup-grup bahasa pemrograman yang sedang kita pelajari.Contohnya saya sendiri bergabung di grup facebook PHP Indonesia, Javascript Indonesia, dan Code Android Indonesia. Pastikan bergabung ke grup yang aktif ya.

7. Buat Portofolio yang Menarik
Setelah kita membuat aplikasi hasil karya sendiri jangan lupa dokumentasikan dan share hasilnya ke orang lain. Dengan begitu kita akan mendapatkan feedback dari orang yang menguji program aplikasi yang sudah kita share.Cara mendokumentasikannya yaitu bisa dengan membuat portofolio online. Portofolio online bisa dibuat dengan cara gratis ataupun berbayar. Jika ingin gratis bisa membuat website portofolio menggunakan wordpress.com atau blogger.com. Atau bisa juga upload hasil karya ke situs github.Semakin menarik karya yang kita punya dan di pajang pada portofolio, maka akan semakin baik penilaian orang lain terhadap skill programming yang telah kita miliki. Intinya portofolio ini bisa disebut dengan membangun branding diri sendiri.

8. Cari Project Via Situs Online
Setelah memiliki skill yang cukup jangan diamkan begitu saja. Cari projek-projek dari situs-situs online seperti sribulancer.com, projec.co.id, Upwork, atau lainnya. Dengan mengerjakan projek atau mengembangkan suatu aplikasi maka skill, ilmu, dan pengalaman programming akan semakin terasah dan bertambah.Di grup facebook juga sering kali banyak yang share lowongan kerja programming atau projek pengembangan aplikasi. Kalau sudah terbiasa mengerjakan projek/ pengembangan aplikasi dan klien sangat puas dengan hasil yang diberikan, itu akan menjadi nilai tambah untuk mengerjakan projek lainnya.

9. Belajar Tanpa Henti
Terakhir jangan pernah berhenti belajar. Jangan pernah puas dengan kemampuan programming yang kita miliki sekarang. Dunia programming atau IT sangat dinamis. Selalu update informasi seputar programming. Dan selalu pelajari hal-hal baru yang belum kita ketahui di dunia programming.