Sukses Bisnis FNB Di Era Digital
Sukses Bisnis FNB Di Era Digital

tipshidupsukses.web.id Mad Bagel dan Mookie akan membagikan tips dan rahasia untuk mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis Food and Beverages di era digital.Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Sukses Bisnis FNB Di Era Digital. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Sukses Bisnis FNB Di Era Digital

Optimalisasi Platform Digital
Pelaku usaha kuliner disarankan mempelajari lebih dalam penggunaan berbagai platform digital dan memanfaatkannya untuk kepentingan pemasaran produk. Platform digital yang dimaksud bisa berupa media sosial, website, dan aplikasi. Pengusaha dapat memanfaatkan layanan gratis dengan membuat akun media sosial, seperti Instagram atau Facebook.Selain konten gratis, pelaku usaha kuliner dapat pula memanfaatkan layanan iklan resmi yang ada di platform media sosial. Cara lain, menggunakan jasa influencer untuk menarik perhatian calon konsumen.

Jangan Ragu Ikut Acara Kuliner
Jika ingin merintis usaha kuliner, menurut Inka, Anda tak perlu ragu mengikuti berbagai acara kuliner yang diselenggarakan oleh siapapun, kapanpun dan di manapun. Baik berupa acara bazar kuliner, acara promosi produk, atau kolaborasi dengan pihak lain. Tak ada yang pernah tahu, acara yang Anda ikuti bisa jadi pintu gerbang untuk semakin mengembangkan bisnis kuliner di masa mendatang.

Mengelola Hubungan Baik dengan Pelanggan
Pelanggan merupakan faktor paling penting di industri bisnis Food and Beverages, bahkan bisa jadi sangat menentukan keberlangsungan bisnis. Untuk itu, pelaku usaha perlu mengelola dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Salah satunya, dengan meminta komentar soal kualitas produk.Tak banyak yang menyadari, strategi promosi paling mudah dan murah ialah memanfaatkan respons konsumen untuk memperluas jangkauan pemasaran produk. Misalnya, pelaku usaha bisa ‘membujuk’ pelanggan untuk mengunggah produk di laman sosial media mereka. Testimoni dari pelanggan juga dapat ditampilkan untuk menunjukkan kredibilitas produk tersebut.

Membuat Strategi Promosi untuk Meningkatkan Loyalitas
Menjaga loyalitas pelanggan pada produk kuliner juga menjadi langkah yang tak kalah penting untuk menjaga keberlanjutan usaha. Untuk itu, pelaku usaha perlu menciptakan strategi promosi bagi pelanggan yang terbiasa mengkonsumsi produk tersebut. Misalnya, dengan promosi akumulasi poin untuk memperoleh diskon, atau promosi diskon berdasarkan momentum.

Baca Juga : Requirement Cepat Sukses Untuk Para Lulusan Akuntansi

Membuat Kemasan Unik dan Kreatif
Hal yang tak kalah penting dalam bisnis F&B adalah mendesain kemasan yang unik dan kreatif sehingga dapat menarik perhatian pelanggan. Dengan demikian, pelanggan tak hanya dimanjakan oleh kualitas produk, tetapi juga pengalaman (customer experience) dalam mengkonsumsi produk tersebut. Kemasan yang menarik bahkan bisa menjadi jalur promosi gratis bagi pelaku usaha. Misalnya, pelanggan yang tertarik dengan kemasan unik akan sukarela memotret produk, dan mengunggah di sosial media miliknya.

Pentingnya Pencatatan
Co-founder & COO Mookie, Priyanda Adwito, mengakui kunci keberhasilan perkembangan bisnis adalah pencatatan. Baik untuk kebutuhan marketing, operasional, maupun keuangan. Dalam aktivitas marketing misalnya, pencatatan jenis dan momentum pemasaran sangat dibutuhkan untuk mengetahui pola marketing yang efektif. Pencatatan mampu menunjukkan seberapa besar aktivitas marketing berpengaruh terhadap penjualan. Pada akhirnya, hal itu akan menjadi bahan evaluasi sekaligus menentukan pengambilan keputusan marketing selanjutnya. Dalam hal ini, pelaku usaha F&B bisa memanfaatkan teknologi digital seperti Jurnal untuk mencatat kinerja perusahaan secara teratur dan realtime. Sehingga mampu meningkatkan skala bisnis secara signifikan.

Berkomitmen memberikan inspirasi bagi para pebisnis, Jurnal rutin mengadakan Jurnal Entrepreneur setiap bulannya. Follow Instagram @Jurnalofficial agar tidak ketinggalan acara selanjutnya.