Requirement Cepat Sukses Untuk Para Lulusan Akuntansi
Requirement Cepat Sukses Untuk Para Lulusan Akuntansi

tipshidupsukses.web.id Banyak juga loh ternyata yang dibutuhkan oleh seorang lulusan akuntansi agar bisa mencapai apayang disebutkan dengan kesuksessan. Aspek kesuksesan sendiri berbeda beda bagi orang-orangnya. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Requirement Cepat Sukses Untuk Para Lulusan Akuntansi Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Requirement Cepat Sukses Untuk Para Lulusan Akuntansi

Pengertian ilmu akuntansi
Akuntansi sendiri dalam kamus KBBI memiliki pengertian seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.Mudahnya akuntansi adalah sebuah program studi yang mengajarkan tentang ilmu pencatatan transaksi dari hasil adanya sebuah kegiatan ekonomi. Catatan tersebut dirangkum dalam sebuah laporan keuangan untuk lebih mudah diketahui oleh pihak tertentu.Selain untuk lebih mudah dilihat, laporan keuangan juga diperlukan untuk mengetahui bila ada kesalahan pencatatan yang terjadi dalam banyak transaksi yang terjadi di periode tertentu.

Skill yang harus dimiliki oleh lulusan jurusan akuntansi
Jika kamu pengin sukses dan punya jenjang karier yang baik bisa menyimak beberapa hal berikut ini yang penting dikuasai:

1. Kamu harus memiliki skill analisis yang baik
Kemampuan dasar pertama yang harus dimiliki oleh anak akuntan adalah analisis data yang baik. Ini bisa dimaklumi karena setiap harinya kamu akan berhadapan dengan berbagai transaksi yang jumlahnya sangat banyak dan nominalnya sampai puluhan juta rupiah.

Salah sedikit aja bisa mengakibatkan laporan keuangan yang dibuat gak balanced. Akibatnya kamu harus mengecek ulang semua pekerjaan yang udah dibuat, udah makan waktu makan tenaga juga lagi ya, kan?

2. Menguasai Microsoft Excel
Kedua setelah kamu memiliki skill analisis data yang baik kamu juga harus bisa menguasai penggunaan microsoft Excel dengan lancar agar proses input data bisa dilakukan dengan efisien dan benar.Poin ini sangat vital karena jika kamu udah diterima dan ternyata belum memahami tools akan sangat memakan waktu menyelesaikan pekerjaan. Pegawai yang lain bisa selesai dalam 1 hari mungkin kamu harus selesai sebanyak 2 hari atau lebih.

3. Komunikasi yang baik
Bukan hanya Public Relation atau humas yang perlu memiliki skill komunikasi yang baik, lulusan akuntansi pun harus memiliki skill yang satu ini. Alasannya untuk menghindari kesalah pahaman antara satu orang dengan yang lainnya.Skenario yang paling buruk adalah ketika kamu mengerjakan suatu proyek dan ternyata data yang digunakan salah karena salah paham maka akibatnya akan fatal. Bisa-bisa kamu lembur seharian demi mengerjakan tugas tersebut.

4. Kemampuan untuk terus belajar
Meskipun udah selesai kuliah, tapi yang namanya belajar itu harus kamu lakukan sampai kapanpun. Sebab perkembangan teknologi terus berjalan dan kita harus terus beradaptasi dengan teknologi.Begitupun untuk kamu yang merupakan lulusan akuntansi, kamu harus memiliki keinginan untuk terus belajar dari sisi teknis maupun non-teknis agar kerja keras yang kamu lakukan berbuah hasil.

5. Lulusan akuntansi perlu memiliki sikap pemimpin
Hal terakhir yang gak boleh kamu lupakan adalah memiliki sikap pemimpin. Poin ini sangat berguna bagi kamu yang mengejar jenjang karir lebih baik kedepannya.Butuh tekad yang kuat dan konsistensi yang tinggi untuk menumbuhkan sikap pemimpin dalam diri kamu. Namun jika udah tumbuh, manfaatnya akan sangat membantu dalam melakukan kegiatan sehari-hari bahkan ketika membangun bisnis.

5 poin di atas bisa kamu dapatkan selama mengenyam pendidikan di bangku Perguruan Tinggi. Tapi gak semua orang lulusan akuntansi bisa menguasai hal tersebut.

Baca Juga : Ketakutan Buat Kalian Yang Mau Buka Usaha Sampingan

Jika kamu merupakan angkatan kerja yang berlatar belakang jurusan akuntansi bisa mencoba beberapa prospek kerja berikut yang lumayan menjanjikan
1. Akuntan
Pekerjaan pertama dan paling dasar yang bisa kamu coba adalah menjadi seorang akuntan. Profesi ini menjadi yang paling relevan karena terkait langsung dengan pelajaran yang diserap selama kuliah.Terdapat beberapa jenis pekerjaan akuntan seperti akuntan publik, privat dan pemerintah.

2. Dosen
Pekerjaan selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menjadi pengajar atau dosen. Namun kalau pengin menjadi dosen kamu perlu meningkatkan tingkat pendidikan kamu hingga S2 karena pemerintah sekarang udah mengharuskan tenaga pengajar Universitas minimal harus bergelar Magister untuk meningkatkan kualitas.

3. Konsultan pajak
Profesi ketiga yang bisa dicoba oleh lulusan jurusan Akuntansi adalah menjadi konsultan pajak. Saat ini masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang pajak karena peraturan dan kebijakan yang banyak.Ini menimbulkan potensi yang besar untuk menjadi konsultan pajak untuk individu maupun perusahaan besar.

4. Financial planner
Selanjutnya ada financial planner yang belakangan ini banyak dicari oleh masyarakat perkotaan. Gaya hidup penduduk Indonesia yang cenderung konsumerisme dan pemahaman tentang perencanaan keuangan yang minim membuat Financial Planner jadi opsi yang menarik buat kamu.Kalau pengin lebih advance lagi kamu bisa mengambil kelas khusus untuk mendapatkan gelar Certified Financial Planner (CFP).

5. Auditor perusahaan
Pekerjaan terakhir yang bisa kamu coba jika punya background jurusan akuntansi adalah menjadi auditor perusahaan. Disini kamu akan bertugas untuk mengecek seluruh keuangan sebuah perusahaan agar mengetahui gimana kondisi neraca perusahaan tersebut.Beberapa perusahaan besar seperti EY, PWC, Deloitte dan KPMG bisa menjadi tempat kamu melamar kerja jika pengin menjadi auditor.

Kelebihan dan kekurangan jurusan akuntansi dengan yang lain
Terdapat beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika mengambil jurusan akuntansi. Salah satunya adalah gak perlu menggunakan SDM tambahan ketika merintis usaha, jadi kamu bisa menghemat anggaran dan mengalokasikannya ke keperluan yang lain.Selain di akuntansi kamu juga ditanamkan sikap disiplin dan cermat dalam mengerjakan sesuatu. Hal itu akan sangat bermanfaat jika diterapkan pada aktivitas sehari-hari.Sedangkan untuk kekurangannya sendiri relatif membosankan jika dibandingkan profesi lainnya. Kebanyakan waktu kamu akan dihabiskan untuk menginput angka dan mencatatnya dalam laporan keuangan. Jika kamu orang yang mudah bosan sebaiknya pikirkan kembali pekerjaan yang satu ini.Selain itu menjadi lulusan akuntansi harus memiliki kemampuan berhitung yang baik. Buat kamu yang lemah dalam berhitung harus bekerja ekstra keras untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.Nah itulah sedikit informasi tentang jurusan akuntansi yang ternyata lumayan menjanjikan dari sisi karier.