Meningkatkan Employee Engagement
Meningkatkan Employee Engagement

tipshidupsukses.web.id Pada kesempatan kali ini kammi akan memberikan informasi berisikan ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Meningkatkan Employee Engagement. Dari sumber yang terpercaya dan pencarian yang kami telusuri,berikut ini beberapa artikel yang mengulas dan membahas mengenai Meningkatkan Employee Engagement

Teknologi yang Meningkatkan Employee Engagement
Era perkembangan teknologi yang masif seperti saat ini membuat perusahaan harus cepat beradaptasi.Oleh sebab itu, menggunakan teknologi menjadi sebuah solusi penting untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dan employee engagement.Penggunaan teknologi tidak hanya untuk modernisasi, tapi teknologi juga membantu perusahaan untuk bekerja secara efektif dan efisien.

Sistem yang memudahkan kerja operasional karyawan akan membuat karyawan lebih yakin bahwa perusahaan peduli terhadap karyawan. Penggunaan teknologi yang tepat akan meningkatkan employee engagement.

Work-Life Balance Menjadi Hal yang Penting
Menjadi seorang pekerja keras memang baik. Namun, Anda juga perlu memperhatikan kemampuan karyawan Anda.Karyawan yang bekerja di luar batas kemampuannya akan menyebabkan hal buruk yang terjadi, seperti: stres, kelelahan, dan sakit yang akhirnya mengganggu produktivitas perusahaan.

Oleh karena itulah, sebagai pimpinan perusahaan Anda harus berpikir lebih humanis. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan adanya work-life balance.Hal ini karena karyawan Anda juga punya kesibukan lain di luar pekerjaan. Jika work-life balance terbentuk, maka karyawan pun akan merasa nyaman dalam bekerja dan produktivitas akan stabil bahkan meningkat.

Feedback Itu Penting
Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan sebagai poin penting dalam employee engagement ialah dengan memberikan kesempatan karyawan untuk berpendapat.

Ingat, semua karyawan akan merasa dihargai dan senang bila suara mereka didengar. Sebab, mereka merasa menjadi bagian penting dalam perusahaan.Ini cukup beralasan karena tanpa karyawan yang bekerja sesuai tugasnya, perusahaan tidak mungkin mencapai target yang telah ditentukan.

Bisa saja karyawan memiliki gagasan cemerlang yang tidak Anda pikirkan sebelumnya. Masalah yang utama adalah, banyak perusahaan yang tidak mendengar keluhan karyawan nya.Sebaiknya Anda perlu menggelar temu dengar dengan karyawan secara berkala. Kemudian, dengarkanlah feedback yang diberikan karyawan untuk melakukan evaluasi perusahaan lebih baik ke depannya.

Pimpinan Perusahaan yang Mengarahkan dengan Baik
Sebagai pimpinan perusahaan, menjadi tugas berat Anda untuk meningkatkan employee engagement. Menjadi pimpinan perusahaan tidak sekadar memikirkan pendapatan atau laba saja.Lebih dari itu, Anda pun harus mengarahkan karyawan nya dengan baik. Misalnya saja ketika karyawan tersebut melakukan kesalahan atau tidak sesuai dengan nilai-nilai perusahaan.

Akan tetapi, ketika Anda mengarahkan karyawan tersebut ada baiknya dilakukan dengan cara-cara persuasif dan tidak menggunakan gaya otoriter.Melakukan gaya otoriter memang ada baiknya, namun kebanyakan, hal tersebut justru mengurangi respect karyawan kepada Anda. Sebaiknya, bicarakanlah dengan baik untuk menemukan sebuah solusi yang tepat.

Ciptakan Suasana Mendukung Generasi Milenial
Ruang kerja yang mendukung juga perlu menjadi hal penting untuk dipertimbangkan ketika perusahaan atau kantor ingin menciptakan employee engagement yang kuat.

Suasana kantor dan alur kerja yang terlalu formal dan rumit dirasa kurang efektif. Terlebih lagi jika karyawan Anda sebagian besar diisi oleh generasi milenial.Menggunakan cara lama yang terkesan formal dan terlalu ribet dinilai sebagai cara kuno oleh generasi milenial.Maka dari itu, Anda harus memikirkan bagaimana workflow yang ringkas, efektif dan dapat dikerjakan dengan mudah oleh semua karyawan berdasarkan jobdesk masing-masing.

Rekrut Tenaga Ahli di Bidangnya
Bagi sebuah divisi Human Resources (HR) proses perekrutan karyawan memang bukanlah hal mudah.Meski pandangan masyarakat awam, atau bahkan pimpinan perusahaan terkadang menganggap sepele pekerjaan tersebut.Padahal, dalam praktiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika merekrut karyawana baru.

Misalnya saja merekrut tenaga yang ahli di bidangnya. Ini dibuktikan dengan pengalaman kerja yang cukup dan menjadi bahan pertimbangan utama bagi divisi HR.Selain itu, kepribadian calon karyawan ini juga penting guna meningkatkan employee engagement nantinya dan tidak menghambat pekerjaan lainnya serta mampu diajak kerjasama.

Baca Juga : Cara Menguasai Kerja Remote Work

Selalu Hormati Karyawan Anda
Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, dalam meningkatkan employee engagement bisa dilakukan dengan cara yang paling sederhana.Ya, cara tersebut adalah dengan selalu menghormati karyawan Anda dalam setiap pekerjaan yang diselesaikan. Ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk menghormati karyawan ini.

Pertama, jangan terlalu memberikan tugas yang terlalu mengekang dan tidak sesuai dengan kemampuan. Kedua, jangan terlalu sering mengatur karyawan jika memang benar-benar tidak diperlukan.Ketiga, bersikapah toleran terhadap karyawan dalam batas kewajaran. Cara menghormati karyawan ini bisa pula dilakukan dengan memberi hak-hak untuk akses publik, misalnya saja asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan.

Usahakan juga untuk tidak memberikan beban tugas di luar jam kantor.Tujuh hal di atas bisa Anda gunakan untuk meningkatkan employee engagement.Selain mengurangi angka employee turn over, employee engagement secara tidak langsung dapat membuat perusahaan lebih baik dalam menghadapi perekonomian global.