Karakteristik Entrepreneur Yang Wajib Dimiliki
Karakteristik Entrepreneur Yang Wajib Dimiliki

Tipshidupsukses.web.id – Seperti yang kalian ketahui, banyak orang berkeinginan untuk menjadi entrepreneur sukses. Apapun latar belakang pendidikan dan pengalaman mereka.

Orang berlomba-lomba meraih impian mereka untuk mengembangkan usaha.

Bisa jadi dengan memperbaiki sistem kinerja usaha keluarga, diharapkan akan dapat bersaing seiring perkembangan jaman.

Beberapa yang lainnya coba membuat usaha kekinian yang sedang merebak dan digemari mulai dari es kopi, fashion, tas dan sepatu, perhiasan dan aneka usaha kreatif lainnya memenuhi pasar perdagangan demi menarik perhatian para customer.

Tujuannya agar memiliki penghasilan sampingan, bosan bekerja dengan orang lain, dan sebagian lainnya untuk memenuhi hasrat dan panggilan jiwa dalam berusaha dan mandiri.

Namun rupanya, selain ide, kreatifitas, dan tentunya modal, untuk menjadi entrepreneur, seseorang juga harus mempersiapkan mental dan karakter entrepreneur yang kuat.

Sebelum berlanjut, sebagai seorang yang mengelola pekerjaanmu sendiri, kamu butuh pengelolaan uang yang baik. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai  beberapa karakteristik entrepreneur yang wajib dimiliki :

Karakteristik Entrepreneur #1 Motivasi
Pemilik bisnis yang bekerja keras sangat termotivasi untuk berhasil. Seorang pelatih karier di Pittsburgh, Karen Litzinger, berkata “Anda harus membawa antusiasme pada semua yang Anda lakukan di pekerjaan Anda,”

Memperlihatkan diri bermotivasi tinggi itu sederhana: “Anda harus muncul untuk bekerja setiap hari dengan sikap positif,” demikian kata Belinda Plutz, pelatih karier di New York City.

“Mereka ingin melihat Anda bersemangat.”

Karakteristik Entrepreneur #2 Kreatifitas
Tidak peduli di industri manapun, Litzinger berkata bahwa seorang pengusaha pasti menginginkan ide-ide “out of the box”.

Mereka tidak hanya dapat melakukan tugas, tetapi juga menemukan cara yang lebih baik dalam melakukan sesuatu.

Itulah mengapa penting untuk menjadi kreatif dan untuk selalu memikirkan cara-cara baru agar dapat meningkatkan alur kerja, produktivitas, dan keuntungan utama perusahaan.

Karakteristik Entrepreneur #3 Persuasif
Menurut pelatih karier Phyllis Mufson, sifat persuasif dapat menjadikanmu negosiator yang lebih baik, yang bisa membantumu ketika membahas kontrak kerja, membuat promosi dan menawarkan produk.

“Ada saat-saat ketika Anda perlu meyakinkan klien, rekan kerja, atau bos Anda untuk mengambil tindakan tertentu, jadi Anda harus persuasif.” ketika mempresentasikan ide-ide, kata Litzinger menambahkan.

#4 Memiliki Visi
Pengusaha sukses selalu memperhatikan gambaran besar, dan kemampuan ini dapat membuatmu menjadi seorang pekerja yang lebih baik. “Visi adalah tentang perencanaan strategis,” kata Litzinger.

Bisakah kamu melihat ke arah mana industri ini bergerak? Bisakah kamu mengidentifikasi tantangan untuk perusahaan?

Dapatkah kamu bertanggung jawab atas pekerjaan sehari-hari, sambil tetap fokus pada tujuan jangka panjang?

#5 Multi Talenta
Kamu harus bisa beradaptasi dengan perubahan kerja. Mungkin saat ini kamu bekerja dan menguasai serangkaian keterampilan tertentu, tetapi penting untuk menjadi fleksibel dalam pekerjaan sesuai dengan kebutuhan.

Jika kamu ingin menjadi seseorang yang dicari dalam keadaan darurat, maka bersiaplah untuk menangani pekerjaan yang berada di luar deskripsi pekerjaanmu.

Penting juga bagi kamu untuk tetap update dengan teknologi baru dan menjaga keterampilanmu tetap terkini.

#6 Memiliki Toleransi Risiko
“Setiap pengusaha ingin menumbuhkan bisnis mereka, yang seringkali melibatkan risiko dan perubahan,” kata Litzinger.

Maksudnya, kangan takut mengambil risiko saat mengejar klien baru, misalnya dalam menguji dan membuat produk baru.

#7 Fleksibel
Seorang entrepeneur harus mampu beradaptasi untuk mengubah dan menyelesaikan masalah saat masalah itu muncul, kata Mufson.

Seorang pemain tim yang baik dapat mengubah prioritas mereka untuk membantu kapan pun tim membutuhkan bantuan.

Dengan demikian, fleksibilitas berarti menerima kebutuhan, pendapat, dan ide orang lain dan bersikap terbuka terhadap umpan balik dari manajer, karyawan dan pelanggan.

Baca Juga : Manfaat Traveling Agar Jadi Young Entrepreneur Sukses

#8 Ketegasan Waktu dan Tindakan
Apakah kamu melakukan penilaian yang baik di bawah tekanan? Ketika menjadi seorang pengusaha, kamu tidak memiliki kesempatan untuk menunda-nunda pekerjaan.

“Anda harus dapat mengambil tindakan saat dibutuhkan,” Litzinger menjelaskan. Kamu harus tahu cara memprioritaskan tugas dan membuat keputusan dengan cepat.

#9 Kemampuan Kolaborasi
Pengusaha yang cerdas tidak hanya menjadi pemimpin yang cerdas, tetapi juga kolaborator yang hebat, kata Plutz, jadi kamu harus menjadi pemain tim yang efektif.

Tidak mengherankan, 78% perekrut mencari kandidat pekerjaan yang menunjukkan memiliki keterampilan kerjasama tim yang kuat, menurut survei National Association of Colleges and Employers Job Outlook 2017.

Pada akhirnya, menggunakan keterampilan kewirausahaan memerlukan penyesuaian dengan gaya kerja orang lain, menghindari politik kantor, merayakan keberhasilan rekan kerja, memenuhi tenggat waktu, dan mengutamakan tujuan perusahaan.

#10 Jujur
Cara membangun rasa percaya antar pelaku bisnis adalah dengan kejujuran. Kejujuran harus dibangun dalam lingkungan bisnis. Jika tidak, maka bisnis tidak akan bertahan lama.

Dengan adanya kejujuran di dalam gaya usahamu maka tidak akan ada pihak yang dirugikan.

#11 Percaya Kemampuan Diri
Seorang entrepreneur yang memiliki karakter percaya pada kemampuan diri akan lebih bisa mengendalikan keraguan dan kegelisahan dalam menjalankan perusahaan.

Kepercayaan diri yang tinggi akan menentukan keberhasilan bisnis yang kamu jalankan. Kamu tidak berencana menawarkan produk perusahaan dengan ragu bukan?

#12 Cerdas Secara Emosional
Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol semua emosi yang dimilikinya dan orang di sekitarnya.

Orang yang cerdas secara emosi akan bersikap lebih tegas dan mampu mengendalikan perilakunya sehingga bisa terbebas dari perilaku-perilaku negatif.

Orang yang cerdas secara intelektualnya bisa gagal dalam membangun bisnisnya, tetapi ada 90% peluang keberhasilan untuk seseorang dengan kecerdasan emosi.

Yuk Miliki Karakteristik Entrepreneur Di Atas dan Jadi Sukses!
Menjadi seorang entrepreneur dengan karakter luar biasa tidaklah mudah. Tantang usaha, tantangan pesaing bisnis dan ancaman resiko dapat mempengaruhi seorang entrepreneur dalam menjalankan usahanya.

Tapi dengan karakter yang kuat, prinsip usaha dan mental baja akan membuat setiap tantangan menjadi pelajaran baru yang menyenangkan.