Ciri Mindset Fokus Pada Solusi
Ciri Mindset Fokus Pada Solusi

Tipshidupsukses.web.id – Mungkin kamu sering mendengar, kesuksesan seseorang 80%-nya berasal dari mindset dan 20% sisanya adalah skill. Entah pernyataan itu benar atau tidak, yang pasti mindset memang membawa dampak yang signifikan dalam mencapai kesuksesan.

Mindset merupakan pola pikir atau kebiasaan cara berpikir dalam suatu bidang. Pola pikir ini dibentuk dari beberapa kepercayaan di dalam pikiran kita.

Mindset merupakan satu dari sekian banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan seseorang, selain kerja keras, pengalaman, skill, networking dan lain sebagainya. Pada dasarnya, mindset mampu mempengaruhi kebiasaan serta tindakan kita setiap harinya.

Mindset atau cara berpikir yang kamu miliki akan membawamu meraih tujuan, impian, serta goals besar kamu.

Jalan menuju kesuksesan bukanlah jalan yang mudah, dan pastinya dipenuhi oleh hambatan, tantangan, serta masalah lainnya.

Meski demikian, semua masalah itu tentu punya solusi, tinggal bagaimana pandai-pandainya kita mencari solusi masalah itu. Maka dari itu dibutuhkan mindset problem solving yang fokus pada solusi. Berikut ini ciri mindset fokus pada solusi yang harus kalian miliki.

#1 Think Positive
Berpikir positif di sini artinya berpikir dan berharap bahwa hal-hal positif dan baik akan terjadi pada dirimu.

Dengan berpikiran positif, seseorang akan bertindak solutif. Sebaliknya, orang yang berpikiran negatif akan cepat menyerah dibanding orang yang mempunyai pikiran positif. Mereka tentu tidak akan menemukan solusinya.

Memiliki pikiran atau pandangan negatif hanya akan membuat kamu membuang-buang waktu. Orang dengan mindset fokus pada solusi dituntut untuk menilai segala sesuatunya dari sisi positif.

Dengan memiliki pandangan positif, maka orang lain yang bekerja sama dengan kamu pun akan ‘tertular’ untuk menjadi positif juga.

Hal tersebut dapat mempermudah proses penemuan solusi. Selain itu, komunikasi pun juga akan terjalin efektif.

#2 Melihat dari Sumber Masalah
Segala masalah sudah pasti ada sumbernya. Dibutuhkan mindset yang benar dalam menganalisis sumber masalah, salah satunya dengan berpikir kritis. Pada akhirnya, akan diambil solusi yang cocok untuk masalah tersebut.

Jika kamu terlalu memikirkan masalah tanpa memikirkan solusinya, hal tersebut hanya membuang-buang waktu. Kamu akan menguras waktu sementara solusi dan pemecahan masalah belum ada.

Intinya, setiap menghadapi masalah, kamu harus menganalisisnya dari sumbernya. Hal tersebut agar kita dapat memperoleh pengetahuan dari masalah itu serta nantinya apabila mendapat masalah yang sama, kamu sudah memiliki solusinya.

Baca Juga : Dimensi dan Indikator Promosi Jabatan

#3 Berpikir Kreatif
Kunci untuk bisa memiliki mindset berpikir kreatif dalam memecahkan masalah adalah dengan adanya keinginan untuk bisa menerima serta mencari jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada.

Kamu perlu mencoba melakukan eksplorasi terhadap berbagai kemungkinan yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Harapannya, nanti akan tercipta generasi yang inovatif serta mampu menciptakan hal-hal baru sebagai solusi untuk membantu permasalahan di sekitarnya.

Proses berpikir secara kreatif untuk menyelesaikan masalah tentu pada akhirnya akan menciptakan inovasi sebagai solusinya. Pada dasarnya inovasi bisa didapatkan dengan mencoba memahami hal yang belum jelas, terbuka dengan pengalaman, serta ide baru.

Selain itu, berpikir kreatif juga dapat mengembangkan kemampuan dalam menghadapi perubahan yang ada. Akan lebih mudah bagi kamu untuk menemukan ide yang tidak biasa sebagai solusinya.

#4 Cepat Bertindak
Selain memiliki mindset berpikir kreatif, kamu perlu menanamkan mindset untuk cepat bertindak. Masalah tak akan ditemukan solusinya jika hanya dipikirkan tanpa adanya tindakan. Karena itu, segeralah melakukan tindakan.

Tindakan yang kamu lakukan bisa mulai dari mencari-cari informasi, atau bertanya pada orang yang lebih ahli. Paling tidak kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai permasalahan yang dihadapi.

Masalah tetap harus dilalui meskipun nantinya kamu akan menghadapi masalah yang lainnya. Jika kamu tidak cepat bertindak, masalah tidak akan pernah teratasi, masalah baru pun akan muncul, membuat hidupmu semakin sulit.

Jalan menuju kesuksesan bukanlah jalan yang mudah, dan pastinya dipenuhi oleh hambatan, tantangan serta permasalahan lainnya.

Sudah Siap Berubah?
Perubahan memang sulit untuk dilakukan, tapi percayalah, hanya diperlukan satu langkah awal untuk membuat masa depan menuju kesuksesan.