Beberapa-Tips-Hidup-Sederhana-Yang-Kamu-Bisa-Tiru-Dari-Orang-Sukses
Beberapa Tips Hidup Sederhana Yang Kamu Bisa Tiru Dari Orang Sukses

tipshidupsukses – Kesuksesan biasanya berkaitan erat dengan banyaknya harta kekayaan yang seseorang miliki. Walau banyak yang tetap hidup sederhana dalam menjalani hidup saat mereka memiliki kesuksesan, akan tetapi tidak sedikit orang yang meraihnya menjadi lupa diri, mereka merasa dirinya serasa berada di langit ketujuh dan berfoya-foya.

Ada yang menghabiskannya dengan membeli barang-barang dengan merk-merk, seperti mobil seharga beberapa milyar, tas bernilai ratusan juta, jam tangan dengan harga setara mobil, dan banyak contoh lainnya.

Ada juga yang menghabiskannya untuk mencapai kekuasaan tinggi, baik itu demi memperoleh jabatan tertentu di negara, maupun dalam perusahaan.

Akan tetapi dalam artikel ini akan dibahas beberapa tokoh orang sukses yang tetap menjalani hidup sederhana walaupun mereka memiliki kesuksesan baik material berlimpah, kekuasaan tertinggi, intelektualitas maupun spiritualitas yang tergolong tinggi.

Bill Gates
Siapa yang tidak mengenal nama Bill Gates, pendiri Microsoft itu dikenal sebagai orang yang sangat sederhana walaupun memiliki kesuksesan berlimpah. Baik dalam hal materi, intelektualitas maupun spiritualitas.

Walaupun memiliki kekayaan yang tidak akan habis tujuh turunan, namun Bill Gates terkenal sangat dermawan. Ia banyak mengeluarkan hartanya untuk sumbangan, baik itu untuk memberantas kemiskinan dan kebodohan untuk rakyat di negeri terlantar ataupun di negeri yang dalam pertikaian.

Bill pun dikenal mendidik anak-anaknya dengan kesederhanaan, ia tidak melimpahi anak-anaknya dengan kekayaan. Bill lebih mementingkan pendidikan baik itu untuk peningkatan intelektualitas maupun kepribadian anak-anaknya. Selain itu, Bill dikenal gemar membaca buku saat waktu luangnya.

Mark Zuckerberg
Pendiri Facebook ini juga tak kalah dalam menjalani hidup sederhana. Kebiasaan Mark untuk memakai pakaian yang sama dalam kesehariannya sudah dikenal banyak orang. Ia biasa memakai kaos abu-abu, jeans serta sepatu sneaker. Dikatakan pula dalam lemari pakaiannya hanya tergantung kaos abu-abu yang serupa tanpa ada warna lain. Kemanapun tujuannya pergi, Mark akan terlihat memakai pakaian yang serupa tiap saat.

Dikatakan pula bahwa resepsi pernikahannya dengan istrinya juga terbilang sederhana. Resepsi tersebut konon katanya diadakan di halaman belakang rumahnya walaupun saat itu ia bisa saja mengadakan pesta mewah di hotel berbintang.

Selain itu mobil dan rumahnya pun juga tidaklah semahal dan semewah orang lain yang memiliki kekayaan setara dengannya. Walaupun memiliki kekayaan berlimpah tidak membuatnya lupa diri namun tetap hidup sederhana.

Baca Juga :5 Tips Bagi Pekerja Malam Agar Tetap Sehat dan Sukses

Putri Diana
Almarhum Putri Diana juga termasuk orang sukses yang sederhana dalam menjalani kehidupannya. Meskipun masuk ke dalam lingkungan kerajaan Inggris namun Putri Diana tetap mengajarkan hidup sederhana kepada kedua putranya.

Saat berlibur, ia membawa kedua putranya ke tempat bermain umum untuk bersenang-senang walaupun itu membuat keluarga kerajaan menegurnya. Ia mendidik kedua putranya bahwa kekayaan dan kekuasaan bukanlah hal terpenting dalam hidup.

Selain itu Putri Diana memberikan contoh berbelas kasih pada mereka yang kurang beruntung. Tanpa takut Putri Diana memegang tangan penderita HIV/AIDS saat berkunjung ke rumah sakit, meskipun saat itu HIV/AIDS masih menjadi penyakit yang dianggap sebagian besar orang sebagai penyakit yang berbahaya.

Putri Diana juga banyak memberikan sumbangan bagi mereka yang kurang beruntung serta mendirikan organisasi dan yayasan yang tersebar dalam berbagai visi dan misi. Dan hal ini membekas serta diikuti oleh kedua putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry. Mereka banyak memberikan sumbangan bagi beberapa organisasi, baik itu organisasi yang didirikan almarhum ibunda mereka maupun organisasi lainnya.

Dalam kesehariannya juga Putri Diana memakai pakaian yang sederhana meskipun dirinya adalah termasuk golongan bangsawan kelas atas.

Bunda Teresa
Tokoh yang satu ini sangat terkenal akan hidup sederhana yang dijalaninya. Bunda Teresa memilih hidup di lingkungan kumuh di India dan melayani orang-orang miskin dan terlantar dalam hidupnya. Bunda Teresa tak segan melayani pasien berpenyakit kusta, ia membasuh mereka dan merawat luka-luka mereka tanpa merasa jijik.

Salah satu pedoman yang ia pegang teguh adalah ia melayani semua orang seperti ia melayani Tuhannya, ia melayani mereka dengan pelayanan terbaik yang bisa ia lakukan.

Bunda Teresa memandang orang-orang tersebut sebagai ciptaan Tuhan yang patut dilayani dengan hati tulus serta dengan pemberian terbaik tanpa pandang bulu. Pelayanannya yang tulus dan tanpa lelah itu membuatnya dianugerahi Nobel Perdamaian yang layak ia dapatkan.

Warren Buffett
CEO Berkshire Hathaway ini disebut selama 20 tahun memiliki dompet yang sama serta hingga saat ini masih memakai flip phone bermerk Nokia buatan jadul.

Sarapan yang disantapnya juga cenderung murah, ia hanya memakan menu dari McDonald atau Oreo. Kebiasaannya ini tergolong sangat luar biasa bagi orang yang memiliki harta berlimpah yang bisa saja sarapan dengan menu buatan chef terkenal.

Rumahnya telah ditinggali selama 50 tahun serta ia juga jarang berganti mobil. Walaupun gaya hidupnya sederhana bukan menandakan ia seorang pelit seperti tokoh kartun Gober Bebek. Warren terkenal sering memberikan donasi bagi banyak organisasi.

Jokowi
Di negeri Indonesia ini pun juga banyak tokoh sukses yang tetap hidup sederhana yang patut dibahas. Salah satunya adalah Presiden Republik Indonesia saat ini, Presiden Joko Widodo.

Walaupun menjabat kekuasaan tertinggi di negara ini, Presiden Jokowi terkenal dengan kesederhanaannya. Presiden Jokowi tidak menjadi gila harta dan kekuasaan, ia lebih memilih membeli sepatu buatan dalam negeri saat berkunjung ke salah satu daerah di Indonesia.

Presiden Jokowi juga lebih memilih untuk blusukan ke pasar-pasar daripada mengunjungi mal-mal mewah saat inspeksi ke daerah. Ia juga sering makan di warung-warung sederhana daripada restoran kelas atas saat mengunjungi daerah.

Presiden Jokowi juga mengajarkan kesederhanaan pada keluarga terutama anak-anaknya. Dan anak-anaknya juga terlihat memiliki prinsip yang sama seperti ayah mereka. Anak-anaknya lebih fokus pada bisnis kuliner dibanding usaha-usaha besar lainnya yang tentu bisa dengan mudah mereka jalani jika memakai nama besar ayah mereka.

Itulah beberapa tips hidup sederhana yang bisa kamu tiru dari orang-orang sukses. Semoga menginspirasi Anda agar tetap bisa hidup sederhana dalam menjalani hidup walaupun memiliki kekayaan berlimpah.