islam
Sukses Menurut Ajaran Agama Islam

Tipshidupsukses.web.id – Banyak orang menginginkan kesuksesan, tetapi tidak sedikit juga yang gagal mewujudkan kesuksesan itu. Dalam Islam itu sendiri, kesuksesan memiliki makna di mana orang menyadari apa yang diimpikan, terutama dalam hal kebaikan. Untuk mencapai kesuksesan, seseorang tidak bisa duduk diam tetapi melakukan sesuatu untuk mencobanya. Jadi, bagaimana Islam melihat kesuksesan dan apa kunci sukses dalam Islam? Untuk memahaminya, lihat penjelasan berikut.

Mendapatkan Kesuksesan Dunia Akhirat

Siapa yang tidak ingin sukses dunia dan akhirat? Tentunya tidak ada namun sangat disayangkan jika saat ini banyak orang yang hanya mengejar kesuksesan dunia semata. Dalam islam kunci kesuksesan tidak hanya terkait sukses dunia saja melainkan juga akhirat. Adapun kunci kesuksesan menurut islam diantaranya adalah sebagai berikut.

Menetapkan Niat

Ingin menjadi siapapun dan ingin melakukan usaha apapun, seseorang harus menetapkan niat yang kuat dalam hati karena niat ini akan membuat seseorang yakin dan tetap berusaha di jalannya. Niat juga merupakan cerminan dari apa yang ingin kita lakukan. Jadi jika Anda ingin sukses maka niatkan dulu dalam hati Anda bahwa Anda ingin sukses dunia akhirat. Sebagaimana yang disebutkan dalam Hadits Rasulullah SAW berikut

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob RA berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. (HR Bukhari Muslim)

Beriman Dan Bertaqwa kepada Allah SWT

Iman dan taqwa adalah dua hal yang saling terkait dan jika seseorang ingin sukses maka ia harus menanamkan iman dan taqwa dalam hatinya. Seseorang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT akan senantiasa melakukan sesuatu dijalan Allah SWT dan lebih dekat denganNya. Seseorang yang lebih dekat dengan Allah maka ia bisa mendapatkan kesuksesan jika Allah berkehendak.

Shalat tepat waktu

Salah satu kunci sukses dunia akhirat adalah shalat tepat waktu atau shalat diawal waktu. Shalat adalah perkara yang wajib dilaksanakan seorang muslim dan merupakan tiang agama. Allah SWT menyukai hambanya yang senantiasa menjaga shalatnya dan shalat wajib tepat waktu. Perbuatan melalikan shalat apalagi meninggalkannya akan mendatangkan murka Allah SWT dan jika demikian siapapun maka tidak bisa meraih sukses terutama di akhirat.

Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,Yaitu Orang-orang yang lalai akan shalatnya. (Qs Al Maun 4 -5 )

Baca juga : 5 Sukses yang Harus Anda Perjuangkan

Taubat kepada Allah SWT

Manusia tidak luput dari perbuatan salah dan dosa namun untuk menghapus dosa tersebut dan menghindari murka Allah SWT seorang muslim harus bertaubat dengan sebenar-benarnya taubat atau yang dikenal dengan taubatan nasuha. Dengan melakukan taubatan nasuha, seorang muslim dapat membuka pintu kesuksesan dengan ijin Allah SWT. Bertaubat yang sebenar-benarnya berarti juga berjanji tidak akan melakukan perbuatan dosa atau maksiat yang pernah dilakukannya tersebut. Sebagaimana disebutkan dalam ayat dan hadits berikut ini

Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa beristighfar kepada Allah SWT maka Allah akan menghilangkan segala kegundahan dan kesusahannya dan diberikan padanya rizki yang tak terduga. (HR Abu Dawud)

Shalat sunnah

Tidak hanya dengan shalat wajib saja, kunci sukses yang lain juga bisa datang dari ibadah sunnah yang dilakukan seorang muslim misalnya dengan mengerjakan shalat sunnah raqwatib qabliyah dan ba’diyah setelah shalat fardhu dan melaksanakan shalat dhuha setiap hari. Shalat sunnah yang dilakukan bisa membukakakan pintu rizki dan mendatangkah berkah Allah SWT kepada pelakunya. Shalat dhuha memiliki banyak keutamaan dan bila rutin dilakukan Allah SWT tidak hanya melapangkan rizki seseorang tapi membangunkan sebuah rumah disurga untuknya.

Doa kepada Allah SWT

Seseorang yang berusaha dengan keras tidak akan mencapai kesuksesan jika ia tidak berdoa kepada Allah SWT. Doa adalah salah satu sarana seseorang agar lebih dekat kepada Allah SWT. Mendoakan kesuksesan diri sendiri setiap hari akan membuat seseorang merasa lebih baik dan bila ia juga mendoakan saudaranya maka malaikat juga akan mendoakannya. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu jalan menuju kesuksesan. Jadi jika ingin sukses maka teruslah berdoa dan mendoakan orang lain. Rasul SAW bersabda :

“Tiada seorang muslim yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya, kecuali malaikat berkata: Dan untuk kamu pula seperti itu”. (HR. Muslim)

Menuntut ilmu

Seseorang akan sulit mendapatkan kesuksesan baik didunia maupun diakhirat apabila ia tidak memiliki ilmu. Menuntut ilmu wajib hukumnya bagi seorang muslim dan ilmu tersebut adalah jalan menggapai kesuksesan. Seseorang yang memilki ilmu akan lebih mudah mengerti seseuatu dan berusaha dibidang yang ia kuasai. Ulama Imam Syafi’I pun mengatakan bahwa “Barangsiapa menginginkan sukses dunia hendaklah diraihnya dengan ilmu dan barangsiapa menghendaki sukses akherat hendaklah diraihnya dengan ilmu, barangsiapa ingin sukses dunia akherat hendaklah diraih dengan ilmu”.

Silaturahmi

Silaturahmi dengan saudara dan kerabat adalah salah satu kunci kesuksesan dan keutamaan menyambung tali silaturahmi sangatlah besar. Demikian yang disebutkan dalam hadits berikut ini

“Barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi.” (HR Imam Bazar, Imam Hakim)

Rasa syukur

Apapun yang Allah SWT berikan kepada manusia harus disyukuri dan bersyukur atau berterima kasih kepada Allah SWT atas segala rahmat dan karunianya dapat mendatangkan rizki yang lebih dari Allah SWT sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah SWT berikut

Jika kamu bersyukur pasti akan aku tambah (nikmat-Ku) untukmu dan jika kamu kufur maka sesungguhnya siksa-Ku amat pedih” (QS Ibrahim: 7)

Sedekah dengan ikhlas

Sedekah atau memberikan apa yang kita miliki kepada orang lain dengan ikhlas merupakan salah satu pintu rizki dan Allah SWT berjanji untuk melipatgandakan sedekah yang kita keluarkan. Sedekah yangdilakukan tidak boleh ditunjukkan Karen ahal tersebut bisa menyebabkan perbuatan riya. Keutamaan bersedekah disebutkan Allah SWT dalam ayat berikut ini

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Baqarah: 261)

Demikianlah beberapa kunci sukses menurut islam. Intinya untuk menggapai kesuksesan dunia akhirat maka berusaha dan berdoa dengan tetap istiqomah adalah kunci dalam meraih kesuksesan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bursa Taruhan Bola
http://www.infoligabola.net/
Joker338
S1288
Bandar88 Sbobet Online
Poker88asia
S128
Daftar Poker88
Daftar Joker123
Slot Uang Asli Play1628
Daftar Sbobet