Kisah Seorang Ray Kroc - McDonald's
Kisah Seorang Ray Kroc – McDonald’s

tipshidupsukses.web.id –  Teman Sukses pasti pernah makan di salah satu Restoran Fast Food Kenamaan McDonald’s bukan, Tapi apakah Teman Sukses tau Siapa pendiri Mcdonald’s dan Bagaimana kisah Perjalan sukses Mcdonald’s , Berikut Yuk simak Kisah suksesnya.

Pada awalnya McDonald didirikan pada tahun 1940 oleh dua bersaudara Dick dan Mac McDonald. Namun kemudian Restoran ini dibeli oleh Ray Kroc dan diperluas oleh Kroc keseluruh dunia dengan sistem franchise atau waralaba. Inilah awal kisah sukses Ray Kroc sebagai pendiri franchise McDonald’s.

baca juga : Kisah Sukses Steve Jobs

Saat berusia 15 tahun, Ray Kroc bekerja sebagai sopir ambulan untuk palang merah. Pada perang dunia II ia ikut serta dalam perang tersebut dan mengorbankan sekolahnya. Setelah perang usai, ia kembali bekerja sebagai salesman gelas kertas yang pada saat itu menjadi barang baru. Kroc menjadi salah satu karyawan terbaik di perusahaan itu.

Dalam usahanya menjual gelas kertas, ia bertemu dengan Earl Prince, penemu mixer yang dapat digunakan untuk membuat milkshake. Suatu saat perusahaan tempat Kroc bekerja mengalami penurunan penjualan hingga perusahaan terpaksa memotong gaji Kroc sebesar 10%.Kroc tidak terima karena ia merasa hasil kerjanya lebik baik dari yang lain, dan itu memang benar. Alhasil perusahaan tidak jadi memotong gaji Kroc, justru gaji anak buha Kroc yang dipotong. Kroc berang dan memutuskan untuj keluar dari perusahaan. Ia pun mencari Earl Prince. Ia meminta Earl memberinya hak eksklusif untuk memasarkan formula milkshake buatan Earl.

baca juga : Definisi Sukses yang sebenarnya

Earl setuju dan dalam waktu 15 tahun Kroc berhasil memasarkan produk ini ke seluruh Amerika. Ketika menjual milkshake ini, Kroc sadar pembeli terbesarnya datang dari sebuah restoran yang berpusat di California, yang dimiliki oleh McDonald bersaudara. Ia pun terbang ke California untuk melihat bisnis pelanggannya itu.

Namun sang pemilik, yaitu McDonald bersaudara, tidak memiliki keinginan untuk mengembangkannya lebih jauh. Ray Kroc kemudian mengajukan diri untuk menjadi terwaralaba bagi McDonald.

Pada tahun 1954, Ray Kroc membuka McDonald’s pertamanya di Des Plaines, Illinois. Pada tahun 1961, ia berhasil membeli McDonald’s Corporation seharga $2.7 juta dari McDonald bersaudara. Namun di saat bersamaan, kesehatan Kroc semakin memburuk. Ia menderita diabetes dan arthritis. Sejak saat itu Kroc berhasil merekurt franchise secara besar-besaran yang tersebar di berbagai negara dan dikenal hingga saat ini.