Jack Ma "Ingin Sukses Jangan Balajar Dari Orang"
Jack Ma “Ingin Sukses Jangan Balajar Dari Orang”

Tipshidupsukses.web.id – Pekan lalu, Jack Ma, salah satu miliarder terkaya di dunia, mengumumkan akan mengundurkan diri dari Alibaba, perusahaan yang ia dirikan 19 tahun lalu. Kisah suksesnya tidak mudah, ia bahkan memiliki lebih dari 30 kali untuk mendapatkan pekerjaan yang ditolak, termasuk salah satunya di KFC.

Dengan kesuksesannya sekarang, Jack Ma justru mengajarkan anak muda untuk tidak belajar dari kisah sukses orang lain. Dia menekankan, bahwa dalam hidup, bukan tentang seberapa banyak yang bisa dicapai, tapi seberapa banyak waktu sulit dan kesalahan yang dilakukan.

“Jadi jika ingin sukses, belajar dari kesalahan-kesalahan orang lain. Jangan belajar dari kisah sukses mereka,” ujarnya saat berbicara pada para pimpinan muda di World Economic Forum 2018 di Davos, Swiss.

Dalam waktu dekat, dia mengatakan akan segera kembali ke dunia pendidikan untuk mengajar. Dia yakin bisa melakukannya lebih baik dibandingkan menjadi CEO Alibaba.

“Saya sangat rindu mengajar. Saya datang ke dunia bisnis secara tidak sengaja,” katanya.

Baca juga : Tahapan Menjadi Orang Sukses

Sebagai bagian dari jaringan Young Global Leaders, Ma juga menekankan apa yang harus menjadi fokus para pemuda dalam 30 tahun ke depan. Itu mengingat, Ma selalu membuat rencana jangka panjang saat menjalankan bisnisnya di Alibaba.

“Saat berusia 20 hingga 30 tahun, Anda harus mengikuti atasan yang baik dan bergabung dengan perusahaan hebat untuk belajar bagaimana melakukan banyak hal dengan benar. Saat berusia 30-40 tahun, jika Anda ingin memulai sendiri, lakukan. Masih ada waktu belajar saat salah atau gagal,” paparnya.

Meski begitu, Ma menyarankan agar para pebisnis mulai memprioritaskan stabilitas, keluarga dan generasi masa depan. Dibandingkan terus mengejar karir dan keuntungan, Ma menyarankan Anda melakukan bakat Anda di rentang usia 40-50 tahun.

“Di usia 50-60 tahun, habiskan waktu untuk melatih dan mengembangkan generasi muda. Hingga saat di atas 60 tahun, habiskanlah masa tua bersama cucu-cucu Anda,” tandasnya.